Pages

Sabtu, 30 Juli 2011

Pentingnya Marketing Intellegence

Di era globalisasi saat ini, kompetisi bukanlah hal yang baru lagi. Setiap individu,organisasi atau perusahaan dituntut untuk memiliki keunggulan kompetitif agar tidak terinjak dalam kerasnya dunia kompetisi. Berbagai cara  dilakukan oleh perusahaan untuk bisa menyaingi kompetitor dan menjadi unggul dibandingkan perusahaan lainnya. 
Marketing Intelegence merupakan istilah yang sudah tidak asing lagi di dunia bisnis. Namun banyak para pelaku bisnis yang mengabaikan Marketing intelegence ini dahal dari marketing intellegence inilah kita bisa belajar banyak mengenai dunia kompetisi dan keputusan apa yang harus diambil.
Marketing Intellegence merupakan suatu subdevisi dalam suatu organisasi atau perusahaan dimana individu-individu yang berada dalam subdevisi ini melakukan suatu riset pasar dan pergerakan kompetitor secara berkala. Tujuan akhir ahkir dari marketing intellegence ini adalah untuk membantu manajer pemasaran dalam mengambil keputusan, seperti kebijakan promosi, kebijakan harga dan inovasi-inovasi apa saja yang harus dilakukan oleh tim marketing dalam perusahaan tersebut.
Bahasan lebih lanjut mengenai marketing intellegence adalah pergerakan kompetitor. Pergerakan kompetitor adalah kondisi dari kompetitor dalam pangsa pasar yang sama. Kondisi yang dimaksudkan disini adalah apa saja kegiatan terbaru yang dilakukan oleh kompetitor dan apa yang melatar belakangi si kompetitor untuk melakukan kegiatan tersebut. Kegiatan tersebut bisa promosi, revisi harga, quality enhancement, dan event terbaru. Informasi- informasi yang berkaitan dengan pergerakan kompetitor dapat diketahui melalui media cetak, media elektronik, media internet yakni dengan mengunjungi official website dari kompetitor tersebut.
Laporan akhir dari pergerakan kompetitor ini biasanya berbentuk tracking secara berkala dan biasanya akan dipresentasikan dihadapan manajer pemasaran. Tracking tersebut nantinya akan menjadi panduan bagi si manajer pemasaran untuk mengambil kebijakan. Pada dasarnya kegiatan marketing intellegence ini hampir sama dengan mata-mata atau agen rahasia yang ditugaskan oleh perusahaan untuk mengetahui kondisi dari pesaingnya.

0 komentar:

Posting Komentar